Bibit Siklon Tropis Tumbuh di Laut Timor
Penulis : Palce Amalo
Selasa, 20 Desember 2011 21:05 WIB     

KUPANG--MICOM:
 Bibit siklon tropis dengan tekanan udara 1010 milibar (mb) dilaporkan tumbuh di Laut Timor, Selasa (20/12). Tekanan rendah itu tejadi di perairan utara Darwin, Australia, pada posisi 12.4 lintang selatan dan 133.8 bujur timur. 

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur, Syaiful Hadi mengatakan jika bibit badai tersebut tumbuh menjadi siklon, wilayah Nusa Tenggara (NTT) dan Bali bakal dilanda hujan deras.

"Kalau tekanan udaranya di bawah 1.000 milibar baru menjadi badai. Tetapi antara satu sampai dua hari ke depan, kemungkinan munculnya badai masih kecil," katanya.

Karena potensi terbentuknya badai masih kecil, menurutnya, BMKG belum mengeluarkan peringatan kepada masyarakat mengenai dampak yang ditimbulkannya. Meski belum muncul badai, tambahnya, saat ini pertumbuhan awan mulai terlihat di langit NTT hingga perairan Laut Timor dan perairan Laut Arafura. "Pertumbuhan awan besar menunjukkan akan terjadi hujan lebat," katanya. (PO/OL-01) 

No comments:

Post a Comment