A LUTA CONTINUA Sejarah Gerakan Politik Radikal di Indonesia dan Sejarah Pembebasan Timor-Leste


A LUTA CONTINUA!
Imperatif dan kalimat perintah yang selalu mengilhami, menjiwai serta mendorong jutaan orang baik di Timor-Leste pada masa perjuangan pembebasan bangsa dan negerinya, maupun di Indonesia dalam perjuangan melawan rejim Soeharto yang menindas secara kejam masyarakyat Indonesia dan masyarakyat Timor-Leste.

Patut dicatat bahwa karya ini merupakan inisiatif yang sangat mulia dari sang penulis untuk mengabadikan “A Luta Continua!” di bumi Timor-Leste, di bumi Indonesia dan di muka bumi ini.

Saya salut pada penulis atas keberanian, ketekunan dan penentuan diriya untuk mencetuskan “A Luta Continua!” yang pertama dalam bahasa Indonesia dan mempersembahkan karya perdananya buat dua bangsa bersaudara yakni Bangsa Timor-Leste dan Bangsa Indonesia.

“A Luta Continua!” merupakan sebuah kesaksian tentang keterlibatan, solidaritas dan kontribusi penulis dan sesamanya—masyarakyat Indonesia—dalam perjuangan pembebasan Timor-Leste untuk menegakkan kedaulatannya dan “Ka’er Rasik Kuda-Talin Ukun-Rasik-a’an” sebagai bangsa yang berdaulat, bermartabat dan berperan aktif dalam membangun tatanan dunia yang baru di era globalisasi yang penuh janji dan tantangan ini.

“A Luta Continua!” Suatu testamentum tentang salah satu nilai universal, yaitu solidaritas antar bangsa dan masyarakyat manusia, khususnya solidaritas antara masyarakyat Indonesia dan Timor-Leste pada masa perjuangan dan masa kini, dalam proses mendemokratisasi diri masing-masing untuk memberantas kemiskinan di segala bidang dan membangun masyarakat yang adil dan makmur sesuai amanat konstitusi setiap negara.

Penulis bersama Mari Alkatiri (Ex-PM RDTL, Pendiri dan Sekretaris Umum FRETILIN)
“A Luta Continua!” dari saudara Wilson merupakan juga sebuah cerminan dari proses perjuangan pembebasan Bangsa dan Rakyat Maubere melawan kolonialisme dan pendudukan; salah suatu jejak buat masyarakyat Timor-Leste dan khususnya bagi para Tokoh Pendiri Bangsa Maubere, POVO MAUBERE, Pejuang dan Pahlawan sejati untuk meluangkan waktu dan sejenak merenungkan tentang cita-cita luhur dari perjuangan itu sendiri, tentang Negeri Timor-Leste yang diimpikan dan kepemimpinan yang diharapkan bagi Negeri Maubere serta untuk tidak sekali-kali mengkhianati semangat perjuangan Povo Maubere dan selalu menemukan jawaban bagi semua permasalahan dalam proses pembangunan Bangsa dan Negara tercinta “República Democrática de Timor-Leste”.

“A Luta Continua!” Proses yang tak berkesudahan dan menantang setiap orang dan masyarakyat dalam membangun diri dan menegakkan harkat dan martabatnya serta bahu-mambahu dengan sesamanya, berkecimpung dengan dunia globalisasi dalam nuansa berpikir global dan bertindak lokal.

“A Luta Continua!” Sebuah seruan untuk Bangsa dan Rakyat Maubere supaya bersatu untuk melawan praktek kekerasan dalam berpolitik, melawan KKN, memberantas kemiskinan serta menegakkan keadilan dan rekonsiliasi sesuai dengan amanat Konstitusi Republik Demokratik Timor-Leste.

“A Luta Continua!” Suatu himbauan istimewa bagi “República Democrática de Timor-Leste” dan Republik Indonesia untuk berjuang tanpa menyerah demi keadilan sosial yang utuh bagi warga negara dan rakyat dari kedua Bangsa bersaudara.

Bagi Saudaraku Willson, sang penulis dari “A Luta Continua!” Semoga sukses dalam berkarya demi kajayaan bangsa dan negara Indonesia!

Bagi para pembaca yang budiman “A Luta Continua!” dalam menyimak buku karya Willson saudaraku “A Luta Continua” selalu…!

Mari Alkatiri

Ex-PM RDTL, Pendiri dan Sekretaris Umum FRETILIN

No comments:

Post a Comment