Kerjasama China-AS di Timor Leste
Headline
China ingin menjalin kerjasama dengan AS untuk mempromosikan kestabilan di Timor Leste. Demikian dokumen rahasia AS yang dilansir WikiLeaks.
Oleh:
Kamis, 16 Desember 2010 | 13:48 WIB


INILAH.COM, Jakarta – China ingin menjalin kerjasama dengan AS untuk mempromosikan kestabilan di Timor Leste. Demikian dokumen rahasia AS yang dilansir WikiLeaks.

“Beijing berharap bisa menjalin kerjasama dengan Washington untuk mempromoskan kestablian di Timor Timur (nama lama Timor Leste),” demikian ucapan Direktur Jendral Asia Kementerian Luar Negeri China Hu Zhengyue kepada diplomat AS, dalam dokumen rahasia itu.

Hu menginstruksikan Duta Besar (Dubes) China untuk menghubungi dubes AS membahas masalah ini sesampainya di Dili, Ibukota Timor Leste. Perhatian utama Beijing di wilayah tersebut adalah kemiskinan dan perebutan kekuasaan negara besar yang berebut pengaruh.

Dalam dokumen komunikasi kabel itu, Asisten Menteri Pertahanan AS Eric John menyatakan negaranya ingin pemerintah Timor Leste sukses. Serta menegaskan kerjasama dengan Portugal dan Australia untuk mencapai tujuan tersebut.

Hu dan John sepakat, Kedubes Amerika dan China di Dili akan terus berkoordinasi.

source: inilah.com

No comments:

Post a Comment